Gigi berlubang atau karies gigi adalah masalah gigi mulut utama yang tak kenal usia penderitanya. "Jangan makan makanan manis, nanti gigi dapat berlubang!" Kata larangan yang sering terdengar sejak kita masih kanak-kanak, dan karena sifat manusia yang semakin dilarang semakin ingin, tak dapat dihindari saat kanak-kanak kita sangat suka makanan manis.

Penyebab utama karies gigi adalah asam yang dihasilkan dari fermentasi gula yang kita konsumsi oleh bakteri di dalam mulut. Konsumsi makanan dan minuman manis terus menerus meningkatkan aktivitas bakteri memproduksi asam yang dapat mengurangi struktur gigi e-mail kita karena keasamannya. Kerusakan yang terjadi berupa gigi yang berlubang sehingga harus ditambal, atau dirawat saraf atau dicabut jika sudah tidak dapat dipertahankan.

 

Penting diingat bahwa tubuh memiliki sistem pertahanan, termasuk di dalamnya pertahanan gigi terhadap kondisi asam ini. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar gigi jangan terlalu lama berada dalam kondisi asam, caranya :

 

  • perhatikan frekuensi makan/minum manis, kurangi frekuensinya
  • kurangi konsumsi kopi dan minuman bersoda
  • selalu berkumur dan minum air putih antar waktu makan
  • ganti cemilan dengan cemilan berbahan dasar susu seperti keju
  • jika memungkinkan sikat gigi setelah makan makanan manis atau kunyah permen karet sugar free
  • selalu sikat gigi sebelum tidur, karena saat tidur mulut cenderung asam karena kurangnya produksi air liur
  • sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride

 

Jika melakukan hal-hal di atas, tidak perlu takut lagi untuk makan/minum manis, dalam jumlah yang wajar ya.

Waspada makanan manis yang juga lengket, dan periksakan gigi rutin ke dokter gigi, alur gigi yang terlalu dalam dapat menyebabkan makanan manis melekat dan sulit dibersihkan sehingga dapat menyebabkan lubang walau sudah rajin disikat. 

Contact Us

Jl. Gurame Raya No.28 Perumnas II

Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan

Phone: 021-712 59 713

Mobile: 0878 8750 0709

contact@lunadentalrehabilitation.com

JoomShaper